Saturday, June 13, 2009

Musda III LPJKDSU



Musda III Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) Sumatera Utara telah berlangsung pada tanggal 25-26 Maret 2008 lalu. Agenda demi agenda Musda, antara lain untuk menyusun dan menetapkan program kerja dan menetapkan pimpinan dan anggota Dewan Pengurus LPJKD Sumut periode 2008–2012 telah terlaksana dengan baik.

Musda kali ini, yang diselenggarakan di Balai Raya Tiara Convention Center, Jl. Cut Mutiah, Medan, Sumatera Utara, menurut panitia, juga diisi dengan diskusi panel yang menghadirkan para Cagub Sumatera Utara untuk mengetahui pemahaman dan kepeduliannya terhadap pengembangan usaha jasa konstruksi di Sumut. Dalam diskusi itu, para Cagub diberi kesempatan untuk memaparkan konsep dan pemikirannya mengenai pengembangan usaha jasa konstruksi di Sumut.

Dalam Musda yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut itu, telah diundang lebih kurang 200 peserta yang terdiri dari peserta penuh, peserta peninjau, dan peserta biasa. Jumlah peserta penuh yang berasal dari asosiasi perusahaan adalah sebanyak 25 orang, asosiasi profesi 19 orang, pakar/perguruan tinggi 16 orang dan unsur pemerintah 9 orang. Jumlah peserta peninjau yang berasal dari asosiasi perusahaan 37 orang, asosiasi profesi 19 orang, unsur perguruan tinggi 3 orang dan unsur pemerintah 5 orang. Sementara peserta biasa berjumlah 21 orang, yang terdiri dari Dewan Pengurus dan Majelis Pertimbangan LPJKD Sumatera Utara.

Dalam Rapat Pleno yang mengawali penyelenggaraan Musda, sebagai Pimpinan Musda Anggota LPJKD Sumatera Utara Tahun 2008 ini, terpilih Ir. Sihar Cibro (Ketua merangkap Anggota), Ir. Ruslan Girsang (Wakil Ketua merangkap Anggota), Ir. Janter Napitupulu, MT. (Wakil Ketua merangkap Anggota), dan Roslilawati, SDI. (Sekretaris merangkap Anggota). Sedangkan terkait pemilihan Pimpinan dan Anggota Dewan Pengurus LPJKD Sumut periode 2008-2012, terdapat 14 kandidat yang telah lulus uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sesuai surat Kepala BPK SDM No UM.01.11-KK/1981 tanggal 4 Desember 2007.

Keempatbelas nama itu adalah Selamat Rasidi Simanjuntak, Tanto Kuntoyo, Ruslan Girsang dan Jonner Hutagaol dari unsur pemerintah. Kemudian Edi Usman, Robinson Sidjabat dan Ade Rusdi dari unsur pakar/perguruan tinggi. Dari asosiasi profesi, masing-masing Ricardo B. Manurung, Murniati Pasaribu, Tavip Kurniadi Mustafa dan Januari Mahdi. Sedangkan dari asosiasi perusahaan, Robertman Sirait, Impol Siregar serta Harry Marbun.
Sebagai salah satu hasil Musda, dari keempat belas calon tersebut, akhirnya terpilih Ibu Murniati Pasaribu sebagai Ketua Umum LPJKD Sumatera Utara yang baru. Secara lengkap, hasil Musda III LPJKD Sumatera Utara, seperti yang terdapat dalam lampiran Keputusan Musyawarah Daerah Anggota LPJKD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2008 Nomor: 05/KPTS/MUSDA-LPJKD/2008, tanggal 26 Maret 2008 tentang Pengesahan Susunan Pimpinan dan Anggota Dewan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah Provinsi Sumatera Utara Masa Bhakti Tahun 2008-2012 adalah:

PIMPINAN
1. Ketua Umum : Ir. Murniati Pasaribu
2. Ketua Bidang Litbang dan Mediasi Arbitrase : Ir. Ricardo B. Manurung, MSi.
3. Ketua Bidang Perusahaan : Drs. Ir. Edi Usman
4. Ketua Bidang Registrasi : Ir. Tavip K. Mustafa, IAI.
5. Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan : Ir. Jonner Hutagaol, MM.
6. Sekretaris Umum : Ir. Robertman Sirait
7. Sekretaris : Ir. Selamat Rasidi Simanjuntak MSc.
8. Sekretaris : Ir. Impol Siregar, SH.

ANGGOTA
1. Ir. Ruslan Girsang
2. Ir. Robinson Sidjabat, MSc.
3. Ir. Harry Marbun, MSc.
4. Ade Rusdi, ST.

Sebagai catatan, Musda III LPJKD Sumatera Utara ini seharusnya diselenggarakan pada bulan Agustus 2007 lalu. Namun, pelaksanaan musda sempat tertunda hingga beberapa kali, karena menunggu diselenggarakannya Musyawarah Nasional Khusus (Munasus) LPJK Nasional. Hasil Munasus LPJK Nasional, merupakan dasar utama pelaksanaan Musda. []joe/dbs

No comments:

Post a Comment