Tuesday, August 16, 2011

Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah

PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI DERAH
(PERAN DAN TANTANGAN LPJKD)

1. PENDAHULUAN

Jasa Konstruksi merupakan salah satu kegiatan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya yang mempunyai peranan penting dalam pencapaian berbagai sasaran guna menunjang terwujudnya tujuan Pembangunan Nasional Indonesia dan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya pembangunan bangsa.

Infrastruktur yang menjadi produk jasa konstruksi mengambil peran yang signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas. Peran penting jasa konstruksi adalah posisinya yang sangat strategis dan di berbagai negara telah menempatkan jasa konstruksi sebagai salah satu penggerak pembangunan bangsa.

Sektor Konstruksi selama ini terbukti menjadi salah satu sektor usaha yang mampu memberikan sumbangan cukup signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sebagai salah satu barometer pertumbuhan ekonomi nasional, sektor konstruksi memegang peran penting dalam pembangunan nasional dan memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi pertumbuhan sektor sosial dan ekonomi lainnya. Sektor Konstruksi mempunyai peranan strategis dalam pembangunan sosio-ekonomi suatu negara dimana untuk Indonesia, sektor konstruksi memiliki konstribusi pada perekonomian negara yang mencapai sebesar 10,10% pada semester I tahun 2010 (Data Strategis BPS, 2010). Sektor konstruksi secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan baik sektor formal maupun informal dan menciptakan peluang pekerjaan. Hal ini sejalan dengan karakteristik industri konstruksi yang menghasilkan efek ganda melalui hubungan luas (backward and forward) dengan sektor ekonomi lainnya seperti industri pengolahan dan pengunaan material, energi, keuangan, tenaga kerja dan peralatan. Dengan adanya jasa konstruksi dapat mendukung gerak roda perekonomian, industri dan berbagai kegiatan sosial di masyarakat dan pemerintah.

Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional adalah bagian dari Masyarakat Jasa Konstruksi Nasional Indonesia yang merupakan pelaku ekonomi Indonesia yang mempunyai peranan penting dan strategis serta berpartisipasi aktif dalam proses Pembangunan Nasional. Oleh karena itu, untuk meningkatkan sektor jasa konstruksi maka diperlukan peningkatan kompetensi dan kemampuan jasa konstruksi yang tercermin dalam mutu produk, ketepatan waktu pelaksanaan, efisiensi pemanfaatan sumber daya dan penciptaan inovasi agar kompetensi, profesionalitas dan daya saing industri konstruksi Indonesia semakin meningkat sehingga mencapai tingkat keberhasilan perusahaan jasa konstruksi, yang selain dapat dilihat dari sejumlah indikator kinerja perusahaan yang terdiri dari kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba (profitabilitiy), kemampuan perusahaan untuk berkembang (growth), kemampuan perusahaan untuk merebut pasar secara berkelanjutan (sustainability), dan kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain (competitiveness), dapat pula dilihat dari keberhasilan layanan jasa yang transparan, profesional dan dapat diterima pasar (transparansi, profesionalisme dan akseptability).

Dengan demikian diharapkan Jasa Konstruksi Nasional ke depan memiliki struktur usaha yang kokoh, handal dan berdaya saing tinggi, ketersediaan tenaga kerja konstruksi yang profesional, bahan baku/material yang distandardisasi, peralatan konstruksi, sistem informasi industri jasa konstruksi yang tepat dan terbuka dan pengenalan terhadap metode-metode konstruksi yang mutakhir dan efisien sehingga mampu meraih peluang besar di pasar domestik maupun global.


No comments:

Post a Comment